SURABAYA HOTEL SCHOOL

School of Hotel Management

Meningkatkan Kemajuan Karir

Salah satu tujuan orang berkarier adalah mencapai prestasi puncak di bidangnya. Ini tentu diperoleh melalui proses yang terkadang tak mudah. Apalagi, persaingan di dunia karier saat ini sangat ketat.

Promosi kenaikan jabatan atau mutasi merupakan alternatif memajukan karier. Berkembangnya karier berarti peningkatan, baik peningkatan tanggung jawab, wawasan, maupun penghasilan. Nah, agar karier Anda bisa berkembang, simak beberapa tips penting berikut :


1. RENCANAKAN JAUH-JAUH HARI

Pikirkan betul-betul karier kita, bahkan hingga beberapa tahun mendatang. Jangan hanya terfokus pada pekerjaan yang sekarang. Sebaiknya, pikirkan pekerjaan atau posisi Anda lima tahun mendatang, misalnya, agar bisa memiliki gambaran yang jelas, di mana kira-kira posisi karier Anda di tahun mendatang.


Pergunakan waktu sebaik mungkin untuk merencanakan karier Anda. Banyak orang yang memulai bekerja tanpa memperhitungkan kariernya di kemudian hari. Yang terjadi, mereka tak mengalami perkembangan berarti meski telah berkarier sekian lama. Menentukan dan memperhitungkan karier memang tidak mudah, tetapi itu lebih baik daripada hanya menunggu keberuntungan atau nasib saja.


2. TINGKATKAN WAWASAN

Wawasan berhubungan dengan kinerja dan kreativitas. Oleh karena itu, wawasan sangat penting dalam karier. Apalagi jika bidang karier Anda berkaitan erat dengan perkembangan dunia.


Salah satu cara terbaik untuk menguasai bidang Anda adalah dengan membaca buku atau artikel-artikel tentang bidang tersebut. Selain itu, juga tak pernah absen melihat teve, membaca koran/majalah, atau surfing di internet. Anda juga bisa memperkaya wawasan lewat pergaulan. Jangan ragu membuka kontak dengan siapa saja dan dari bidang apa saja, karena itu akan memperkaya wawasan.


3. MILIKI KOMITMEN

Komitmen adalah kesanggupan untuk bertanggung jawab terhadap hal-hal yang dipercayakan kepada kita. Laksanakan tugas seperti yang diharapkan, bahkan kalau bisa melebihi target. Komitmen sangat penting, karena lewat komitmenlah kinerja seseorang bisa diukur, apakah memang bekerja sesuai tuntutan. Komitmen juga akan membantu orang mengenali siapa diri kita sebenarnya. Jika betul-betul memiliki komitmen untuk mengemban tugas yang dipercayakan kepada kita, maka bukan hal sulit bagi atasan untuk memberi kepercayaan lebih kepada kita.


4. IKUTLAH KURSUS, APA SAJA

Ikutilah pelatihan bagi karyawan kantor yang diadakan lembaga berkualitas. Anda akan memperoleh banyak pengetahuan yang berguna dalam jangka panjang. Banyak karyawan yang ragu mengikuti kursus singkat, karena padatnya jadwal pekerjaan mereka. Selain itu, faktor izin atasan juga sangat menentukan. Yang terpenting adalah niat Anda. Sampaikan terus terang kepada atasan, apa alasan Anda mengikuti kursus tersebut.


Anda juga dapat meningkatkan kemampuan dengan menghadiri seminar, karena banyak informasi dan perkembangan baru yang Anda peroleh dan bisa memperluas wawasan. Tentu, ini akan menjadi nilai tambah Anda di mata perusahaan.


5. IKUT ORGANISASI

Kini, banyak organisasi profesi yang didirikan untuk menampung orang-orang di bidang yang sama. Yang harus Anda cermati adalah memilih organisasi mana yang akan Anda ikuti. Tapi ingat, kegiatan-kegiatan di luar tugas kantor juga dapat merugikan Anda. Jadi, tak ada salahnya membicarakan lebih dulu rencana Anda dengan atasan. Bagaimana pun, prioritas utama adalah pekerjaan kantor.

19 Juni 2009 - Posted by | News & Event

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: