SURABAYA HOTEL SCHOOL

School of Hotel Management

Sehat dengan Jus Sayuran

Jus tidak terbuat dari buah-buahan saja. Seiring dengan merebaknya gaya hidup sehat, jus sayuran pun kian diminati. Asal bahan dan racikan sesuai, rasa getir dan bau langu pada sayuran tidak terasa. Sisanya, minuman segar yang menyehatkan tubuh.


APA yang masuk ke dalam tubuh adalah penentu kondisi kesehatan. Meski sibuk, sempatkan berolahraga sembari konsumsi bahan makanan yang menyehatkan. Tubuh pun tetap fit di tengah kesibukan pekerjaan.


Bartender Sheraton Surabaya Hotel and Towers Cahyo Winadi membuat kombinasi antara sayuran dan buah supaya jus sayuran terasa segar dan enak di mulut. “Bahan intinya terdiri dari bubuk kayu manis, nanas, lemon, dan madu,” kata Cahyo.


Keempat bahan tersebut dicampur dengan sayuran. Sayuran jenis apa saja yang bisa dibuat minuman jus? Kubis merah, kubis putih, wortel, tomat, selada, sawi hijau (bok choi), sawi putih, mentimun, hingga paprika.


Namanya juga golongan cabai, ada rasa getir agak pedas pada jus paprika. Tetapi mampu disamarkan oleh lemon dan nanas yang membuat rasa dan aroma racikan jus jadi segar.


Nah, jus paprika ini bisa dibuat dari paprika kuning, merah, atau hijau. Karena berasa pedas, jus paprika mampu membuat mata terbuka lebar di pagi hari, cocok untuk mengawali aktivitas sehari-hari.


Asal tahu saja, paprika ini banyak mengandung vitamin A, B, C, kalsium, potasium, dan fosfor. Manfaatnya seabreg, bisa menurunkan kolesterol dan kadar gula darah. Mengobati infeksi hidung dan telinga, sinusitis, serta tenggorokan. Termasuk mengobati luka, keseleo, dan memar. Jika ada masalah infeksi saluran pencernaan, paprika pilihannya.


Nanas dan lemon juga berfungsi menghilangkan bau langu pada sawi hijau. Mungkin awal mencium baunya agak tidak doyan, tetapi begitu mencicipi rasanya, Anda bakal ketagihan. Sebab, jus sawi hijau terasa segar seperti jus mentimun.


Mentimun dan sawi hijau mengandung serat tinggi serta kaya vitamin dan mineral. Keduanya bisa melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi/sembelit. Mentimun bermanfaat baik untuk kesehatan kulit, mendinginkan suhu tubuh, dan mengobati tekanan darah tinggi.


“Sawi hijau seperti paprika, dapat mengobati penyakit telinga,” kata Cahyo. Kelebihan lainnya, sayuran ini bisa digunakan untuk mengobati influenza, rematik, nyeri sendi, bisul, luka memar, serta gangguan saluran kencing.


Cahyo juga berkreasi dengan kubis merah. Warnanya merah maroon dan terasa enak. Kubis merah bisa untuk menghambat pertumbuhan tumor serta mencegah kanker usus dan lambung.


Berbagai jus sayuran ini baik bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan, infeksi saluran pernapasan, sariawan, menurunkan kadar kolesterol, batuk, dan mencegah penyakit jantung. Sebab, nanas dan lemon sebagai bahan utama memiliki manfaat tersebut. ida


Jus Sayuran
Bahan:

100 Gr sayuran (sesuai selera)
50 Gr nanas
30 Ml air lemon
30 Ml madu
Bubuk kayu manis dan air matang secukupnya

Membuatnya: blender semuanya jadi satu, jika suka sajikan dingin atau langsung suguhkan.


Dikutip dari harian SURYA, 21 Juni 2009

24 Juni 2009 - Posted by | News & Event

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: